Test “fast charging” di Mi A1 dengan OS Oreo

Test “fast charging” di Mi A1 dengan OS Oreo. Sebelum update Oreo stable bergulir ada media yang menyatakan bahwa di Oreo ada fitur fast charging seperti dari Liputan6, Detik.com, 9to5google, dan lain-lain. Beberapa bilang “quick charge”, sampai topik ini jadi bahan diskusi panjang. Mendengar adanya rumor ini, gue tertarik untuk melakukan uji coba, apakah benar fast charging ini baru diadakan fiturnya atau tidak?

Sebelum melakukan pengujian, hipotesis gue.
1. Mi A1 tidak mendukung Qualcomm QuickCharge baik itu 2.0 ataupun 3.0
2. Di update Oreo, waktu charging lebih cepat walaupun tidak signifikan
3. Fast Charging di Mi A1 sama seperti Rapid Charging di Nexus 5X dan Nexus 6P seperti di jelaskan di sini

pamer charger

Pengujian dilakukan menggunakan 4 charger. Stock charger atau charger bawaan mi a1, Tronsmart Titan 90W dengan dukungan QC2.0, Aukey PA-T17 QC3.0, Anker PowerPort 1 24W QC3.0 USB-C. Kabel yang digunakan merk Aukey USB-A to USB C dan kabel bawaan Anker PowerPort USB-C to USB-C. Mi A1 yang digunakan resmi Xiaomi Indonesia dengan OS Oreo yang build numbernya OPR1.170623.026.7.12.29.

Proses pengujian dilakukan saat device (Mi A1) dalam keadaan baterai 0% (saat dicoba dinyalakan, hanya mengedipkan LED notifikasi) dan pada kondisi mati. Data yang diambil adalah saat persentase baterai berada di titik 0%, 15%, 30%, 60%, dan 100%. Pengujian dilakukan pada dua OS yaitu Nougat dan Oreo. Untuk charger Aukey dan Anker karena device terlanjur berada dalam posisi Oreo alasannya akan diceritakan di bawah.

mi-a1-nougat-charging-time-stock-vs-tronsmart
klik untuk memperbesar

Pada gambar pertama (Mi A1 Nougat Stock charger vs Tronsmart) Kemampuan kedua charger hampir sama dengan Tronsmart sedikit lebih unggul karena pada percobaan pertama mendapatkan waktu lebih cepat. Percobaan ini dilakukan untuk membandingkan kemampuan kedua charger, menentukan apakah support QC2.0, dan sebagai landasan untuk percobaan berikutnya.

mi-a1-stock-charger-nougat-vs-oreo
klik untuk memperbesar

Pada gambar kedua (Mi A1 Stock Charger Nougat vs Oreo) dapat dilihat pada Oreo sedikit lebih cepat. Di titik 15% berbeda 3-4 menit, di titik 30% berbeda 6 menit, di titik 60% berbeda 8-13 menit, dan di kapasitas 100% berbeda 4 menit. Dari sini bisa kita dapatkan bahwa saat menggunakan Stock Charger, Android Oreo lebih cepat mengisi daya dibandingkan Android Nougat walaupun tidak signifikan.

mi-a1-tronsmart-titan-90w-nougat-vs-oreo
klik untuk memperbesar

Pada gambar ketiga, Tronsmart charger juga memberikan data yang serupa baik di posisi nougat ataupun oreo. Jadi untuk charger Tronsmart Titan tidak memberikan perbedaan antara kedua os nougat dan oreo dan Android Oreo tidak memberikan pengisian QC2.0.

mi-a1-oreo-charging-time-stock-vs-tronsmart-titan-vs-aukey-qc-3.0-vs-anker-powerport-1-usb-c
klik untuk memperbesar

Pada gambar keempat, dilakukan perbandingan antara keempat charger pada os oreo. Saya menambahkan aukey dan anker untuk pembuktian kemampuan QC3.0 dan membuktikan hipotesis ketiga. Hasil yang didapat ternyata keempatnya menghasilkan grafik yang serupa.

Kesimpulan:
1. Mi A1 tidak mendukung Qualcomm Quickcharge baik itu 2.0 ataupun 3.0
2. Terdapat optimasi pengisian daya saat menggunakan stock charger
3. Fast charging yang di Mi A1 tidak seperti Rapid Charging di Nexus 5X dan Nexus 6P

Data lengkapnya bisa kalian cek di sini

Kenapa ini ngga masuk ke podcast, karena gue ga bisa ngebayangin konten sepadat dan butuh petunjuk grafis bisa diinterpretasikan dalam bentuk suara. Semoga dengan tulisan ini, tidak membuat gue malas bikin podcast mingguan. Kalau ingin berkeluh-kesah bisa coba isi komentar di bawah. Semoga aktivitas kalian menyenangkan~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *