Ngga akan selesai

Sejak smartphone mulai ramai dimasyarakat, banyak yang sudah ngeh “OS” yang digunakan pada smartphone mereka. Katakanlah kita skip beberapa tahun hingga saat ini yang paling keliatan adalah iOS dan Android. Iya WindowsPhone juga masih bernafas, tapi karena update Windows 10 Mobile diundur terus jadi ya kita lewatin aja lah ya, janjinya akhir Februari ini jadi ya sabar aja. Banyak yang berdebat mengenai 2 Mobile OS yang kita sebut tadi, intinya adalah kalian mau debat sampai kapan ? Karena ini ngga akan selesai.

Dari kubu iOS sangat meyakini harga yang mereka keluarkan akan sebanding dengan performa yang didapat. Apakah benar? Iya benar. Sepengalaman gue, yang make iPhone akan betah dengan antar muka simpel sehingga saat mau upgrade gadget, iPhone generasi berikutnya adalah pilihan pertama mereka. Berbeda dari kubu Android. Karena fragmentasi device yang beragam, tentu masing-masing brand memiliki keunggulannya masing-masing. Sehingga rata-rata user Android cenderung penasaran dengan gadget yang lain. Sekarang make Samsung, mungkin yang berikutnya ganti Xiaomi.

Dari sektor spesifikasi juga sangatlah jomplang. Jika dibandingkan pada smartphone flagship. Pada OS Android bisa menggunakan processor hingga octa-core, RAM hingga 4GB, layar dengan resolusi QHD, dan lain-lain. Sedangkan iPhone 6S bertahan di processor dual-core, RAM 2GB, Layar Full HD. Apakah berarti iPhone lebih jelek dari Android ? Tidak! Karena OS yang beda, masing-masing memiliki manajemen sistem yang berbeda. Jelek atau ngga silahkan bandingkan sendiri.

Dari bahasan tadi aja menimbulkan pertimbangan yang tidak akan selesai. Karena memang ngga ada gunanya berdebat mengenai hal ini. Mulailah jadi pengguna yang cerdas. Bisa memilih apa yang cocok dan tidak. Jangan termakan iklan, apalagi menjadi fanatik. Punya jagoan sih boleh-boleh aja, tapi ya jangan sampai menutup mata mengenai device yang lain juga. Boleh make smartphone, tapi jangan sampai yang smart cuma phone-nya aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *