Bingung mau upgrade apa lagi

Bingung Mau Upgrade Apa Lagi

Sudah hampir 4 tahun Jagur-14 menemani dan membantu gue baik dalam hal akademis ataupun non-akademis. Jadi, siapa itu Jagur-14? Jagur adalah codename yang gue berikan ke gadget penunjang gue. Sampai saat ini tipe Jagur yang ada terdiri dari Jagur-5, Jagur-10, Jagur-6, Jagur Desktop, dan terakhir Jagur-14. Untuk saat ini gue mau membahas si Jagur-14.

Jagur-14 adalah Acer V5-471G. Laptop ini gue pilih karena ukuran yang tipis, touchpad ala-ala macbook, dan spek yang cukup mumpuni. Kenapa Jagur-14? Karena dia berukuran 14 inci. Berikut gue jabarkan spesifikasi Jagur-14.

  • Processor: Core i5 3317U 1.7GHz Turbo Boost to 2.5GHz
  • RAM: 4GB
  • Graphic Card: Intel HD 4000 & Nvidia GT620 1GB
  • Storage: 500GB SATA 3
  • Optical Drive: Ada
  • Konektivitas: Wifi, Bluetooth
  • Screen: LCD 14”

Jagur-14 sangatlah gue andalkan khususnya saat mengerjakan tugas kuliah atau organisasi. Aplikasi pengolah grafis seperti Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop berjalan dengan lancar. Sempet juga digunakan untuk mengolah video tapi ga terlalu sering karena kasian juga kalo harus disuruh render berjam-jam. Aplikasi tersebut aja berjalan lancar apalagi untuk kebutuhan sehari-hari. Di bidang gaming, sebenernya gue mengambil laptop ini juga karena ada dedicated graphics card. Walaupun setelah gue coba, kentang ya kentang aja. Main game di Low Resolution dengan tingkat grafis normal sudah bersyukur. Untungnya game favorit Football Manager tidak membutuhkan spesifikasi grafis terlalu heboh.

Waktu demi waktu, laptop gue mengalami evolusi. Mulai dari RAM yang ditingkatkan menjadi 8GB dual channel. Melepas Optical Drive untuk diisi HDD Caddy sehingga bisa menggunakan konfigurasi SSD + HDD. Untuk SSD gue menggunakan Corsair Neutron GTX 240GB. Sedikit menyesal ketika melihat harga SSD akhir-akhir ini. Karena untuk kapasitas 240GB bisa diperoleh dengan kocek 950 Ribu Rupiah.

Ada memori yang menyenangkan ada pula memori yang menyedihkan. Laptop ini pernah menjadi korban dari peristiwa ketidakseimbangnya gue dalam mengendarai motor atau biasa kita sebut tergelincir dan jatuh. Laptop gue divonis layarnya rusak parah beserta beberapa engsel yang patah. Sempat absen beberapa saat menggunakan Jagur-14. Orang-orang terdekat memberi saran untuk mengganti ke lain hati tapi apa daya rasa cinta yang begitu besar membuat gue tidak goyah mempercayai Jagur-14. Hingga akhirnya Jagur-14 telah sembuh tidak total (ada beberapa penyok dan engsel yang sudah tidak prima) dari hari itu gue cukup menjaga Jagur-14 agar tidak terluka lagi.

Bingung Mau Upgrade Apa Lagi - Top
Ini covernya

Hingga tahun ini, gue cukup bingung karena gue sudah memiliki PC dan Jagur-14 dialih fungsikan sebagai perangkat mobile. Sedikit bosan menggunakan Jagur-14. Sempat terpikir untuk di-upgrade tapi gue bingung apa yang harus di-upgrade? Layaknya digimon, Jagur-14 ini sudah di perubahan terakhir. Pilihannya hanya upgrade HDD dan/atau SSD tapi untuk storage gue masih merasa cukup dan penyimpanan eksternal pun masih memiliki banyak ruang. Sampai akhirnya tadi di Jogja Gadget Expo gue menemukan stand maxx-skins. Karena penampilan Jagur-14 cukup kotor, gue coba kasih skin aja seengganya tampilannya ga malu-maluin banget. Akhirnya dirombaklah tampilan Jagur-14. Gue sulit menggambarkan tema dari tampilan ini. Intinya adalah menekankan personal branding Arvipra dibalut warna abu-abu tua menggambarkan kesan mahal dan seksi. Ya pokonya bisa dilihat di gambar lah ya.

Bingung Mau Upgrade Apa Lagi - Daleman
Ini dalemannya

Itu tadi cerita gue mengenai Jagur-14. Untuk Jagur yang lain menyusul, jadi biar tidak ketinggalan bisa follow tumblr ini. Terima kasih semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *