Pilah Pilih Powerbank

Pilah Pilih Powerbank. Disini lebih banyak yang bawa powerbank dan dipinjem mulu sama temen atau ngga punya powerbank yang penting bisa pake punya temen? Dulu gue sempet sok-sok ngga pernah bawa ataupun minjem power bank temen tuh. Gara-gara gue masih skeptis aja sama perangkat ini. Lebih memilih nyolok pake power adapter dibandingkan power bank. Baru deh pas liat beberapa tech youtuber luar negri bikin konten tentang power brick atau battery bank mulai deh rada melek dikit sama ni barang. Apalagi sekarang vendor besar juga banyak yang bikin sehingga gue ngga perlu takut bakal ngerusak hp atau nggak.

Buat kalian sendiri, apa aja faktor yang menentukan kalian beli powerbank? Harga? Kapasitas? Merek? Besar output? Bentuk? Nah ini gue coba bahas dikit-dikit lah ya~

Pilah Pilih Powerbank - Marketplace
dipilih-dipilih~ Iya mas cari apa? Silahkan kalau mau tanya silahkan~

Harga
Untuk harga sendiri sekarang udah beragam. Dari yang 40ribuan sampai 1juta pilihannya tersebar luas. 40ribuan tuh biasanya di konter-konter hp pinggir jalan tuh. Sedangkan untuk 1 juta biasanya yang brand besar seperti Anker. Nah di powerbank juga harga menentukan kualitas dan tingkat reabilitas si powerbank ini. Saran dari gue sih, yang budget 100ribu sampai 300ribu itu udah sweetspot antara harga dan kualitas. Kalau sempet coba cek di online marketplace untuk ngebandingin harga. Lebih oke lagi kalau beli pas ada promo seperti harbolnas. Gue pernah tuh beli delcell metal super slim 9000mAh di harga Rp109ribu dan sampai sekarang masih dipake sama nyokap.

Pilah Pilih Powerbank - 50000mAh pendusta
Uwow~ 50.000mAh! Bisa buat dipake sampe akhir taun ini mah.

Kapasitas
Poin kedua yang dicek pas beli powerbank biasanya kapasitas. Nah ini rada teknis nih. Siapa disini yang ngeliat dari gede-gedean mAh aja cung? Wajar kok dan memang ini salah satu patokan kapasitas powerbank tapi jangan dulu terkesima sama embel-embel 50.000mAh! atau 200.000mAh. Karena ngitung kapasitas penggunaan itu juga harus dicek voltase baterainya.

Pilah Pilih Powerbank - Spesifikasi
Tuh cek disebelah “10.000mAh” ada keterangan voltase baterainya.

Gue ambil contoh powerbank yang gue pake sekarang Xiaomi Mi Powerbank 2. Kapasitasnya 10.000mAh di tegangan 3.85V nah ngitungnya si mAh atau miliamperehour dirubah ke amperehour jadi dibagi 1000. 10000mAh bagi seribu jadi 10Ah terus dikali 3.85V jadi total 38.5 Wh. Nah ini energi totalnya. Kenapa ini penting? Karena ada beberapa powerbank yang voltasenya beda. Contoh lain Anker Astro E1 itu kalau dari spesifikasi webnya dikasih liat 5200mAh dan 19.24Wh berarti voltasenya sekitar 3.7V. Kalau pake tegangan 3.85V total energinya bisa 20.02Wh dan selisih itu cukup gede untuk pemakaian powerbank. Saran dari gue sih, jangan mau beli yang menawarkan mAh gede aja contoh 50.000mAh. Cek dulu tegangan baterainya berapa? Sebelumnya ada reviewnya ngga? Pasti ada macem-macem lah dan dulu ade gue pamer-pamer gitu beli powerbank kapasitas segitu, dua kali pake langsung jebol masa ahahahaha. 10.000mAh itu udah cukup aman dan bisa digunakan buat ngecharge 2-3 kali untuk smartphone dengan kapasitas baterai 3000mAh.

Pilah Pilih Powerbank - Output
pastiin setiap beli powerbank, cari yang pas dicolok indikatornya Charging on AC

Output
Selanjutnya itu yang biasa diliat tuh besar outputnya dengan satuan A (ampere). Banyak yang nyari keluarannya 2.1A atau 3A. Ya wajar sih, makin gede ampere secara teori makin cepet juga ngisinya. Kalau bisa sih gue kasih saran cari yang udah support qualcomm quickcharge 3.0 minimal di input dan outputnya. Biar ngecasnya cepet, aman, dan itung-itung investasi juga karena makin banyak device yang udah support quickcharge. Kalau misal ngisinya lama, cek kabelnya. Gue dulu ada kali 3 bulan ngecharge hp pake powerbank, ngisinya lama banget eh taunya yg problem si kabelnya. Ganti kabel langsung lancar deh.

Pilah Pilih Powerbank
Cuma ada dusnya aja gapapa ya~ Yang penting kan Anker ya ga?

Merk
Sebenernya umumnya 3 faktor tadi udah cukup, cuma gue sendiri mungkin nambahin dua faktor lagi. Yang pertama ini merk. Beneran deh, cari merk yang jelas. Kalau bisa yang emang tier tinggi sekalian macem Anker, Aukey, atau vendor yang memang beneran ngeproduksi powerbank seperti Xiaomi atau Asus. Salah-salah yang ngaco bisa device kalian. Belinya juga usahakan di toko official biar garansinya terjamin. Yang serem tuh yang bawa-bawa merk hp tuh. Gampang ada kwnya soalnya. Sebelumnya banyak banget powerbank merk samsung beredar padahal disaat itu samsung sama sekali ngga punya produk powerbank.

Bentuk
Yang berikutnya itu bentuk. Gue jujur lebih suka powerbank yang tipis walaupun kapasitasnya ngga gede-gede banget. Biar enak dibawa aja, toh hp gue juga ngga boros-boros amat dan memang bawa powerbank buat emergency aja. Ada juga bentuk yang lucu-lucu kaya kelinci, beruang, naga dan lain-lain. Yang gue suka sih ada yang segede gantungan kunci pada umumnya gitu. Kapasitasnya kecil sih cuma 2300mAh tapi ya ringkas aja gitu ngga ngeribetin.

Yup itu tadi bahasan tentang powerbank. Kalian sendiri punya momen menarik sama powerbank ngga? Masih perlu bawa-bawa powerbank berat-berat atau hp kalian udah hemat batre semua? Pengen tau dong respon kalian melalui email ke kotaksurat@arvipra.my.id atau medsos Arvipra on Podcast di Instagram, Facebook Pages, Twitter, dan Line Official Account. Dengerin juga podcast gue yang tayang rutin setiap Selasa pagi di Soundcloud dan Apple Podcasts. Silahkan subscribe atau kasih review di sini, seneng banget sih kalau ada yang ngasih review entah itu kritik, saran, cacian, atau makian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *