WWDC 2018 menghadirkan fitur paling ditunggu oleh pengguna iOS

WWDC 2018 menghadirkan fitur paling ditunggu oleh pengguna iOS

Malam tadi, Apple mengadakan event tahunan mereka WWDC 2018. Event ini merupakan ajang temu dan pamer terutama bagi Apple terkait software development mereka. Tidak ada device apapun yang diperkenalkan pada acara ini, namun Apple memberikan banyak perkembangan terutama pada iOS, macOS, dan watchOS mereka.

Apple memperkenalkan versi terbaru iOS yaitu iOS 12. Fitur yang diperkenalkan pada mobile os ini yang pertama adalah manajemen penggunaan smartphone agar pengguna tidak terganggu pada kehidupan nyata mereka. Seperti mode do not disturb yang menggelapkan iPhone dan menyembunyikan notifikasi yang muncul sampai mode ini mati di pagi hari. Kita juga bisa melihat berapa lama penggunaan aplikasi dan opsi untuk membatasi penggunaan aplikasi pada durasi tertentu. Notifikasi pada iPhone juga semakin mudah diatur dan akhirnya tampilan notif dibuat grup-grup aplikasi, tidak seberantakan seperti iOS sebelumnya. Pada demo-demo yang diberikan, model iPhone menggunakan iPhone X. Mungkin kedepannya design iPhone X akan menjadi bentuk standar untuk iPhone kedepannya.

Untuk pengguna iPhone X, ada beberapa update untuk Animoji. Animoji di iOS 12 bisa mendeteksi lidah sehingga saat pengguna melet-melet, animoji juga ikut demikian. Ada juga memoji yang menjadikan wajah kita menjadi animoji dan bisa diatur manual untuk ukuran alis, menggunakan kacamata atau tidak dan lainnya. Mungkin animoji akan menjadi fitur standar iPhone kedepannya.

Selain di iOS ada juga macOS 10.14 Mojave yang menghadirkan dark mode, penambahan aplikasi seperti Apple News, Home, Stocks, dan Voice Memos. App Store juga dirombak designnya mengikuti iOS. Untuk Siri, Apple memberikan fitur Shortcut untuk memudahkan penggunaan terutama untuk aplikasi pihak ketiga. Di WatchOS terdapat beberapa aktivitas olahraga baru seperti yoga, dukungan Apple Podcasts, dan Siri yang lebih baik. Yang menarik adalah, fitur carplay saat ini mendukung aplikasi navigasi dari pihak ketiga seperti Waze atau Google Maps.

Itu tadi beberapa hal yang diumumkan di WWDC 2018. Banyak fitur yang dihadirkan dan berasal dari keresahan pengguna. Keresahan seperti manajemen notifikasi yang buruk dan dukungan navigasi di carplay, akhirnya terselesaikan. Untuk pengumuman perangkat baru, umumnya akan dilaksanakan di event berbeda bernama Apple Special Event pada semester kedua. Event WWDC 2018 bisa kalian saksikan ulang melalui channel The Verge, Engadget, dan beberapa Youtube Tech Personality lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *