Rekap Google Event 29/9/15

Rekap Google Event 29/9/15

Pada tanggal 29 September 2015, Google baru saja mengadakan Google Event untuk memperkenalkan beberapa device baru mereka. Tidak seperti event Google I/O, Google Event ini hanya berlangsung 1 jam yang berisi peluncuran Google Nexus 5X, Google Nexus 6P, New Chromecast, Chromecast Audio, dan Pixel C. Gue akan coba rekap Google Event 29/9/15 dimulai dari Google Nexus 5X dan Nexus 6P

Nexus 5X dan 6P

Google Nexus 5X dan Nexus 6P adalah successor dari Nexus 5 dan Nexus 6. Kedua device ini memang diluncurkan bersamaan karena target pasar yang berbeda. Nexus 5X menawarkan harga yang lebih ekonomis dan Nexus 6P yang lebih powerfull. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, perbedaan yang paling signifikan adalah kamera, fingerprint sensor, dan USB type C port. Kamera yang digunakan di kedua device memiliki spesifikasi 12.3 MP dengan sensor 1.55 mikrometer pixels sehingga cahaya yang masuk lebih banyak dan menghasilkan gambar yang lebih terang. Disertai juga laser auto-focus agar lebih cepat dalam menangkap gambar namun memiliki kualitas yang oke. Kedua device ini juga menggunakan fingerprint sensor sebagai kunci smartphone dan juga penggunaan aplikasi seperti Android Pay dan sebagainya. Yang terakhir adalah penggunaan USB type C port yang mendukung Quallcomm Quick Charge. USB type C ini reversible sehingga tidak memiliki masalah orientasi arah saat menggunakan port ini. Kedua device ini sudah pre-installed Android 6 (baca: Marshmallow). Untuk spesifikasi lebih detail Nexus 5X dan Nexus 6P sebenernya tidak terlalu istimewa karena memiliki spesifikasi yang sama seperti smartphone high-end saat ini. Nexus 5X dijual mulai dari $379 (16GB), $429 (32GB) dan Nexus 6P dimulai dari $499 (32GB) hingga $649 (128GB)

Chromecast dan Chromecast Audio

Selain smartphone, Google juga memperkenalkan 2 Chromecast device terbaru mereka yaitu New Chromecast dan Chromecast Audio. New Chromecast memiliki design yang baru, lebih minimalis dan ringan. Konektivitas wifi pada chromecast juga diperbaharui sehingga mampu menangkap wifi lebih jauh dan mampu untuk membaca frekuensi 5GHz. Aplikasi chromecast juga diperbaharui dengan kemudahan saat menjelajah chromecast. Dengan chromecast, Mobile Device kalian juga bisa digunakan sebagai console untuk TV ruang tamu, dan mampu bermain secara multiplayer. Untuk Chromecast Audio, device ini bisa streaming musik lansung ke speaker kalian. Dikatakan pairingnya mudah. Chromecast Audio dapat menggunakan 3 port audio seperti RCA, 3.5mm jack, dan optical audio. Chromecast dan Chromecast Audio dibandrol dengan harga $35.

Pixel C

Satu device misterius yang muncul pada Google Event ini adalah Pixel C. Pixel C adalah Android Tablet ber-keyboard yang terhubung secara magnetik. Pixel C menggunakan rasio layar yang cukup unik yaitu 1:1.4. Dikatakan rasio tersebut akan nyaman digunakan saat mengetik baik menggunakan hardware keyboard atau on-screen keyboard. Pada Pixel C ini digunakan port USB type C. Sepertinya USB type C dalam 2 tahun kedepan akan menjadi port mainstream. Satu hal yang diunggulkan dari Pixel C ini adalah “C” yang diambil dari kata Convertible. Dengan slogan “Play and be Productive on one device” dapat disimpulkan Pixel C ini penantang keras untuk Apple iPad Pro dan Microsoft Surface. Pixel C dihargai $499 untuk 32GB dan $599 untuk 64 GB dan keyboard dijual terpisah seharga $149. Spesifikasi dari Pixel C ini adalah sebagai berikut

  • Layar 10.2” dengan resolusi 2560 x 1800
  • NVIDIA Tegra X1 dengan GPU Arsitektur Maxwell
  • RAM 3 GB
  • 32GB / 64GB  storage

Selain 5 Device tersebut, Google juga mengumumkan beberapa hal seperti Nexus 5, 6, 7(2013), 9 dan Player mendapatkan update Android 6 mulai minggu depan. Google Play Music yang mendukung family subscription seharga $14.9 berlaku untuk 6 user. Terdapat program Nexus Protect sebagai garansi dari Nexus 5X dan 6P. Sekian rekap dari Google Event 29/9/15.

 

Generic Banner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *