Limitless Gaming Asus Event (blog)

Limitless Gaming Asus Event. Pagi temen-temen. Ini adalah versi tulisan dari podcast yang bisa kalian dengerin di sini. Tidak banyak perbedaan antara versi podcast dan tulisan, hanya media dan untuk blog disertai beberapa gambar pemanis. Jadi kemarin, Asus mengadakan acara Limitless Gaming Max Series Launch. Event yang diadakan di Ballroom 2 & 3 Ritz Carlton Pacific Place ini bertujuan untuk menginformasikan bahwa asus telah kembali dan siap bertarung di kancah smartphone kelas 2 jutaan.

Limitless Gaming Asus Event - Zenfone Max M1
Si mungil Zenfone Max M1

Gue mau bikin format di episode ini beda dari sebelumnya, dimana gue seakan-akan mengklarifikasi terkait isu-isu yang beredar mengenai Event dari Asus ini. Rumor pertama yang beredar adalah Asus akan meresmikan smartphone terbaru mereka, bukan dari lini Zenfone 5 melainkan seri Zenfone Max yaitu Zenfone Max Pro M1. Tepat! Tapi kurang lengkap, nyatanya ada 3 smartphone yang diresmikan hari ini yaitu Zenfone Max Pro M1 yang udah gue sebutin tadi, lalu Zenfone Max M1, dan Zenfone 5Q. Zenfone Max M1 adalah versi kecil dari Max Pro M1 dengan layar 5.5” panel IPS dengan resolusi HD+, Snapdragon 430, RAM 3GB, Storage 32GB support Micro SD Card dengan triple slot, Baterai 4000mAh, Single Back Camera 13MP, kamera depan 5MP, dan OS Android 8.0 dengan Zen UI.

Limitless Gaming Asus Event - Zenfone 5Q
4 Kamera Siap Menangkap Momen Apapun dengan Siapapun

Untuk Zenfone 5Q sendiri adalah ponsel dengan target pasar pemuja kamera. Karena dibekali 4 kamera, 2 di depan 2 di belakang. Masing-masing konfigurasinya normal + wide 120’. Jadi bisa dipake buat wefie. Spesifkasi teknis lainnya yaitu Layar 6” panel IPS dengan resolusi FullHD+, Snapdragon 630, RAM 4GB, Storage 64GB support Micro SD Card dengan triple slot, Baterai 3300mAh, dan OS Android 8.0 dengan Zen UI.

Limitless Gaming Asus Event - Zenfone Max Pro M1
Primadona siang itu

Untuk Zenfone Max Pro M1 sendiri spesifikasinya mirip sama apa yang sudah bocor dimana-mana. Layar 6” panel IPS dengan resolusi Full HD+, Snapdragon 636, RAM Up to 6GB mulai dari 3GB, Storage Up to 64GB dari 32GB support Micro SD Card dengan triple slot, Dual back camera 16MP + 8MP Wide 120’ dan 16MP front camera untuk varian 6/64 dan 13MP + 5MP Wide 120’ dan 8MP front camera untuk jenis lainnya, Baterai 5000mAh, dan menurut press release yang gue dapet dikasih Pure Android 8.0 tapi pas gue hands-on ke device yang ada kemaren udah 8.1 dengan bloatware beberapa social media, Babe untuk TKDN, dan beberapa aplikasi dari ASUS yaitu Calculator, FM Radio, dan Sound Recorder.

Oke rumor kedua, Zenfone Max Pro M1 tidak mendukung Gyro. Hal ini sudah ditekankan oleh pak Galip Fu Country Marketing Manager Asus Indonesia kalau Zenfone Max Pro M1 YANG dijadikan sample unit ke beberapa tech youtuber itu memang belum support Gyro. Tapi versi retail atau versi final nanti, smartphone ini akan support Gyro. Fungsi Gyro ini buat apa? Yang paling mudah di test sih untuk VR Content entah itu aplikasi atau game VR. Apakah ini bisa dipertanggung jawabkan? Doakan ya, gue akan coba beli kalau ternyata tidak ada halangan rintangan membentang tak jadi masalah dan tak akan jadi beban pikiran hahaaaa~

Limitless Gaming Asus Event - Stock Android
Bukan! Bukan! Ini bukan Nova launcher!

Rumor ketiga, bukan rumor sih ini terkait keputusan Asus menggunakan Pure Android di Zenfone Max Pro M1. Gue juga sempat menanyakan hal ini berikut mengenai update kedepannya. Jawaban yang gue terima adalah, Max Pro M1 ditujukan untuk gamer yang memerlukan semua performance smartphone ke game itu sendiri. Keputusan Asus menggunakan Pure Android adalah agar para gamer tidak ada kendala saat memainkan game. Karena UI vendor rata-rata menggunakan beberapa resource agar berjalan di background dan membebani si game tersebut. Gue udah nyobain tadi main AoV dan gameplay lanjay banget, perlu dicek lagi sih apakah akan throttling dalam jangka waktu tertentu dan bagaimana performa maksimalnya. Zen UI akan tetap ada seperti di Max M1 dan Zenfone 5Q karena ada beberapa fitur tambahan untuk menunjang aktivitas sesuai target market mereka. Untuk update sendiri, pihak Asus tidak menjanjikan apapun, tapi mereka cukup pede mengenai ini, jika dilihat dari Zenfone 2 yang dapat sampai Marshmallow dan Zenfone 3 yang dapat sampai Oreo.

Limitless Gaming Asus Event - Kernel Version
Maapkan ke nerd-ian sayah

Ada beberapa hal juga yang ingin gue tanyakan ke device ini, yang pertama adalah apakah device ini mendukung Project Treble. Sebuah jurus andalan dari google untuk memisahkan partisi system dan vendor sehingga device bisa mendapatkan update langsung dari google dan vendor bisa melakukan update semau mereka. Kenapa bisa kepikiran? Karena gue cek kernel versionnya 4.4 yg berarti secara kernel sudah support treble, gue cek ada smartphone asus lain yaitu Zenfone 4 yang support treble saat diupgrade ke Android Oreo. Jadi untuk reviewer atau kalian yang sudah punya devicenya boleh tolong cek-in ngga? Install treble checker aja di playstore. Oke oke?

Yang berikutnya adalah terkait sensor gyro. Gue pengen ngecek sih apakah gyro ini aktif secara hardware atau cuma hasil emulasi dari analisis beberapa sensor seperti accelerometer dan HAL sensor. Gue juga gatau sih gimana ngujinya, mungkin membandingkan dengan device yang ada gyronya?

Lalu selanjutnya yaitu flash charge yang pas presentasi bilangnya ngecas batre 5000mAh cukup 2 jam 40 menit gitu ya? Gue lupa-lupa inget. Apakah flash charge ini bagian dari teknologi Qualcomm Quickcharge? Atau kaya biasa ketahan di 5V/2A?

Dan yang terakhir adalah, kenapa masih pake micro usb!! Mungkin wajar aja sih karena adopsi usb type c di Indonsia juga masih minim, cuma ini yang jadi barrier buat gue untuk memiliki hp ini. Ah elah alesan aja lu vi, harga udah murah gini masih aja minta lebih.

Limitless Gaming Asus Event - Harga

Oh iya benar terkait harga, Zenfone Max M1 dikasih harga Rp1.899.000,00. Zenfone 5Q bisa kalian beli di harga Rp3.499.000,00. Lalu untuk Zenfone Max Pro M1 itu ada 3 varian. Varian 6/64 bisa didapatkan dengan bandrol Rp3.299.000,00, untuk varian 4/64 itu harganya Rp2.799.000,00 dan untuk 3/32 itu Rp2.299.000,00 dengan promo Ramadhan Sale di Lazada harganya jadi Rp2.199.000,00 dengan metode flash sale pada tanggal 25 April, 2 Mei, 8 Mei, 15 Mei, 22 Mei, dan 29 Mei. Selain ini sudah tersedia di Lazada mulai 25 April dan Offline store dengan jarak 1 minggu berikutnya dengan harga yang sama.

Oke itu aja untuk hari ini, nanti rabu akan ada launching lagi dan Infinity War!! Yeah!! Terima kasih sudah membaca blog ini, gue seneng banget kalau kalian bisa kirim kritik, saran, cacian, dan makian ke email kotaksurat@arvipra.my.id atau media sosial di Instagram, Twitter, dan Facebook Pages. Oh iya kasih review juga ya di iTunes sejujurnya aja kalau emang pantes kasih 5 bintang ya kasih, kalau cuma 1 bintang juga gapapa. Biar gue evaluasi juga buat kedepannya. Kita ketemu lagi mungkin di hari sabtu! Selamat beraktivitas dan babay~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *