Solusi Laptop Lemot

by admin@arvipra.my.id February 1, 2018 0 comment

Solusi Laptop Lemot. Halo!! Apa kabar? Di tulisan ini gue mau ngasih tips apa saja yang bisa kalian lakukan jika laptop kalian mengalami kendala seperti

  1. Laptop berasa nggak seresponsif saat pertama kali berjumpa
  2. Banyak pop-up nggak jelas muncul, sudah di ok-in tapi muncul aja terus
  3. Kadang-kadang suka restart sendiri
  4. Sering menghadapi blue screen of death

Apa yang gue tulis disini berdasarkan pengalaman gue sampai saat ini, dan rata-rata merupakan penanganan yang bisa dilakukan di OS windows. Untuk sistem operasi selain itu sebenernya mirip-mirip aja penanganannya cuma mungkin jalur yang ditempuh aja yang berbeda seperti aplikasi yang berbeda, pengaturan yang tempatnya berbeda dan lain-lain.

ceritanya lagi nge-scan

Basmi Virus

Oke yang pertama adalah Scanning Virus. Gunakan Anti Virus andalan kalian, entah itu AVG, Avast, Norton, Kaspersky dan lain-lain. Saran gue, pake yang free aja dibandingkan pro tapi bajakan. Itu udah lebih dari cukup untuk penggunaan personal.

file-file hasil “panen” hapus aja, emang nggak bosen ditonton berulang-ulang?

Bersih-bersih data “kotor”

Lalu berikutnya bersih-bersih. Jika menggunakan cleaner bawaan windows, perjalanan kesana cukup ribet sehingga gue menyarankan pake aplikasi ccleaner aja. Sekali lagi, ga perlu cari yang pro tapi bajakan, yang free aja sudah cukup. Cek dibagian list item barang kali ada yang tidak ingin dibersihkan misal browser history, cookies, dan lain-lain. Jika sudah, klik analyze dan clean.

Sudah melakukan pembersihan tapi storage masih terasa penuh? Buka folder download dan hapus semua yang ada disana. Memang sih, terasa sayang membuang file-file tersebut. Banyak kenangan dan harapan akan “entar kayanya masih kepake” tapi percaya sama gue. Hapus aja. Itu film-film dengan kode SNIS, SSNI, IPZ, MADE, hapus! Entar juga lu download lagi kok ahahaha.

menyatukan yang terpisahkan oleh ruang dan waktu

Defrag adalah koentji

Sudah bersih-bersih, selanjutnya lakukan defragment hard disk. Apa itu defragment hard disk? Bisa kalian nonton video ini untuk lebih singkatnya https://www.youtube.com/watch?v=XSvOfu2PfXk. Intinya defragment ini agar file-file yang tersebar di hard disk tidak tercecer dan berada di sektor yang berdekatan.

ea ketauan deh pake laptop apa. ada yang minat? kayanya mau saya lepas

Update driver FTW!

Oke, setelah itu kita masuk ke update driver dan bios. Kenapa ini kudu dilakukan? Driver terbaru membuat sistem menjadi lebih stabil dan benerin bug yang sebelumnya ada. Selalu download driver dan bios dari manufaktur laptop kalian. Gue sih tidak begitu percaya sama software pihak ketiga yang menawarkan update driver dalam satu kali klik. Untuk kalian yang suka main game juga membantu meningkatkan performa. Umumnya game-game baru membutuhkan driver baru juga agar pengalaman bermain kalian lebih top.

Bukan! Bukan! Bukan buat ngecat ulang laptop!

Buang debu dan kenangan

Yang terakhir adalah bersih-bersih hardwarenya. Buang debu-debu yang menempel di kipas dan mengganti pasta termal di processor. Ribet? Memang, oleh karena itu gue saranin jangan lakukan ini sendirian. Cara termudahnya adalah cari tempat servis komputer terdekat dan minta pembersihan laptop. Selain itu juga bisa minta tolong ke temen kalian yang paham komputer.

Oke, itu tadi beberapa tips yang bisa gue berikan ke kalian kalau laptop yang kamu pakai mengalami masalah. Gue biasa melakukan 3 tahap maintenance. Maintenance ringan 1x seminggu, sedang 1x sebulan, dan berat 1x per 6 bulan. Cari waktu yang lowong saat maintenance laptop, karena membutuhkan waktu dan tenang yang banyak. Lebih lengkapnya bisa dengarkan Arvipra on Podcast episode 58 – Solusi Laptop Lemot. Semoga tips ini berguna dan selamat beraktivitas!

Comments

comments

Leave a Comment