Pancake? Peppermint? Piscok? (KamisNulis)

Pancake? Peppermint? Piscok?

Google I/O 2018 sedang bergulir dan salah satu suguhan yang paling dinanti adalah versi terbaru dari Android. Di event tersebut kita dikasih lihat bagaimana Android semakin terintegrasi dengan produk Google lainnya dijembatani oleh Google AI. Di tulisan ini, gue mau coba kasih unek-unek sedikit mengenai Android P dan arah smartphone kedepannya nanti.

Pancake? Peppermint? Piscok?Secara UI/UX, Android P ini sebuah perombakan besar setelah Lollipop dengan Material Designnya. Itu berarti Android sudah mengalami 5 perubahan design. Seberapa besar perubahan di Android P? Semua tidak lagi mengusung sudut-sudut tajam dan mengotak seperti material design sebelumnya melainkan sudut-sudut yang membulat, menyesuaikan dengan layar-layar kekinian sehingga tampak seamless. Aksen warna pun tidak lagi monoton dan memberikan dinamika yang baru seperti pada settings.

Pancake? Peppermint? Piscok? - Nav BarYang paling heboh adalah perubahan navigation bar yang menjadi lebih polos dengan hanya tombol home dan back yang disembunyikan di homescreen. Jujur pas awal design ini bocor, gue skeptis dan tidak setuju akan perubahan ini. Bukan masalah daily driver gue yang belum layar kekinian atau gimana, tapi gue ngga kepikiran gimana buka recent apps dan berpindah antar aplikasi. Kalau dengan tiga tombol gitu kan cukup tap recent apps dua kali, langsung pindah ke aplikasi sebelumnya tuh nah kalo cuma dua tombol gini gimana? Dan ko keliatan nggak simetris ya? Bagian kanannya kosong banget. Akhirnya di Google I/O 2018 ini anggapan gue berubah.

Swipe up untuk recent apps terlihat sangat nyaman. Memilih aplikasi pun tidak membutuhkan effort sebesar sebelumnya. Ada google search dan dock suggested apps semakin memudahkan tanpa perlu kembali ke homescreen atau buka appdrawer. Mengenai space kosong di sisi kanan? Ternyata itu slider untuk berpindah aplikasi dengan cepat, bahkan lebih cepat dibandingkan double tap recent apps button. Sekarang pertanyaannya, apakah ini akan menjadi standar android kedepannya? Apakah smartphone kedepannya akan berlayar kekinian semua? Bagaimana penggunaan hardware button untuk Android P? Tentu saja untuk menjawab pertanyaannya kemungkinan besar harus menunggu Android P benar-benar rilis yang biasanya bareng sama lini Pixel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *