Nav Gestures ala-ala iPhone X di Zenfone Live L1

Nav Gestures ala-ala iPhone X di Zenfone Live L1

Layar yang semakin menyelimuti bentuk smartphone dan penggunaan gesture untuk navigasi menjadikan pengalaman saat menggunakan smartphone semakin immersive. Bayangkan saja, beberapa belas tahun yang lalu kita masih dicekokin banyak tombol mulai dari navigasi dan alfanumeric, navigasi dan qwerty keyboard, bahkan di kala layar sentuh semakin menjamur tetep saja membutuhkan tombol fisik. Dengan gesture sebagai navigasi membuat perlakuan kita ke smartphone lebih intuitif dan seakan-akan lagi di film sci-fi gitu. Sayangnya tidak semua vendor mengadopsi fitur ini.

Untungnya XDA menghadirkan aplikasi navigation gestures untuk semua Android termasuk Zenfone Live L1 yang gue pakai sekarang. Sudah sekitar 2 minggu gue menggunakan ini dan cukup membantu saat menggunakan smartphone dengan layar kekinian ini. Berikut ini gue coba jabarin tutorial untuk Navigation Gestures dari XDA.

Alat & Bahan

  • Smartphone Android
  • PC atau Laptop dengan adb driver
  • Kabel Data
  • Doa

Link yang mungkin bisa membantu

– ADB Driver: Download adb Driver

– Navigation Gestures: Dowload Navigation Gestures

– XDA: XDA Navigation Gestures

Command ADB:

Tutorial:

  1. Pastikan developer option aktif. Caranya adalah dengan tap 7 kali build number sampai ada konfirmasi.
  2. Buka developer option dan aktifkan USB Debugging
  3. Install Navigation Gestures di Play Store
  4. Mulai setup dengan perizinan accesibility
  5. Buka PC dan Command Prompt di direktori adb
  6. Koneksikan PC dengan HP via kabel data
  7. Cek apakah HP terdeteksi dengan perintah “adb devices”
  8. Jika tidak terdeteksi, cek kembali opsi usb debugging, ganti kabel data, atau install kembali adb driver dan kembali ke 7. Jika terdeteksi lanjut ke 9.
  9. Ketik adb shell pm grant com.xda.nobar android.permission.WRITE_SECURE_SETTINGS lalu tekan enter
  10. Kembali ke hp. Lanjutkan setup dan aktifkan navigation gestures.

Harusnya di kondisi ini onscreen button akan tersembunyi digantikan oleh navigation gestures. Kalian bisa mengkustomisasi bar ini seperti mengganti warna, lebar, tinggi, dan posisi. Aksi yang dihadirkan juga terbilang cukup untuk penggunaan gue, tapi jika ingin fitur lebih bisa membeli versi premiumnya.

Beberapa screenshot pengaturan Navigation Gestures

CATATAN!

  1. Jika ingin meng-uninstall si Navigation Gestures ini, PASTIKAN dalam kondisi non-aktif. Uninstall saat fitur ini aktif bisa berakibat hilangnya on screen button dan mungkin untuk kembali harus melakukan reset atau flash ulang.
  2. Tidak semua perangkat kompatibel dengan navigation gestures. Ada beberapa yang mengalami kendala seperti fitur back yang tidak berjalan, on screen button yang tetap tampil, dan lain-lain.

Oke itu tadi mengenai Navigation Gestures. Semoga bisa membantu dan memaksimalkan device kalian. Mohon maaf jika ada salah kata. Kalau ada pertanyaan bisa tulis di komentar. Ada versi videonya juga jika tutorial diatas kurang jelas.

Terima kasih, semoga aktivitas kalian menyenangkan.

Jika dalam bentuk tulisan kurang jelas, ada juga tutorialnya dalam format video yang bisa kalian cek di

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *