Militer sebagai tolak ukur teknologi dunia

Militer sebagai tolak ukur teknologi dunia

Sejak tahun 2000-an hingga sekarang, teknologi sangatlah berkembang. Pada bidang telekomunikasi saat ini sudah masuk ke generasi ke-4 atau bisa disebut 4G. Masuknya internet kedalam handphone merubah pandangan terhadap penggunaan handphone. Uniknya adalah, kebanyakan teknologi yang sekarang biasa kita gunakan dahulu digunakan sebagai kepentingan militer. Contoh dari teknologi tersebut adalah radio, komputer, internet, kevlar, dan masih banyak lagi.

Penggunaan radio pada awal pertama kali muncul sebagai alat komunikasi pada militer bidang maritim. Dengan menjadikan radio sebagai media, mereka dapat mengirimkan pesan telegraf menggunakan kode morse antara kapal dengan stasiun di darat. Penggunaannya dapat kita lihat pada film perang dimana pada stasiun komando terdapat operator. Operator inilah yang memberikan dan menerima informasi dari kapal yang berada di laut. Kode morse yang disampaikan diterjemahkan sebagai kalimat sehingga menjadi sebuah informasi. Penggunaan radio akhirnya berubah menjadi sebuah media hiburan. Hingga saat ini radio masih bisa kita jumpai terutama pada mobil-mobil sebagai teman perjalanan.

Selain radio, komputer juga mengawali karirnya sebagai media perang pada tahun 1941. Komputer pada saat perang dunia kedua, digunakan sebagai alat untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Jika ada yang sudah menonton film The Imitation Game karya Morten Tyldum mungkin bisa menyebutkan fungsi lain komputer pada perang dunia kedua. Alan Turing membuat mesin yang dapat menerjemahkan sandi jerman, sehingga Inggris dapat mengetahui taktik serangan Jerman sehingga dapat cepat dalam memberikan perintah. Hingga kini komputer tak lepas dari kehidupan kita. Mulai dari sekolah, kerja, menonton film, bermain game, dan sebagainya dapat digunakan pada media ini.

Pada pelajaran TIK saat SMA, kita mendapatkan materi mengenai internet. Apa itu internet? Fungsi internet? Dan sebagainya. Disana disebutkan bahwa pertama kali internet digunakan untuk keperluan militer. Pada tahun 1969, Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi bila terjadi serangan nuklir. Seiring berjalannya waktu internet menjadi luas. Hingga bisa dikatakan menjadi dunia internet sendiri. Menurut gue, melonjaknya pengguna internet adalah saat internet mulai memasuki handphone yang saat ini biasa kita panggil smartphone. Dengan kombinasi tersebut, seakan-akan internet tidak lepas dari genggaman kalian.

Selain 3 hal tersebut masih banyak lagi teknologi-teknologi yang bahkan saat ini kita gunakan, sebelumnya difungsikan sebagai kepentingan militer seperti kevlar (Motorola Droid Turbo), Sertifikasi militer pada smartphone (Galaxy S5, Sony Z3, dll), penggunaan drone, dan masih banyak lagi. Jadi jika penasaran kira-kira 10 tahun kedepan teknologi apa yang bisa kita gunakan, coba cek teknologi yang dipakai oleh militer aja. Mungkin 10 tahun ke depan, kita bisa ngeliat tank segede Honda Jazz sama pesawat dengan tulisan GOJEK lalu lalang.

Generic Banner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *